Kebutuhan Nutrisi

Posted on

Kebutuhan Nutrisi – Tidak pede dengan berat badan yang berlebihan? Ingin menurunkan berat badan tapi selalu gagal? Gagalnya program diet ini disebabkan oleh nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik. Nutrisi memiliki peran penting dalam tubuh kita.

Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Kebutuhan Nutrisi

Biasanya kekurangan kalori bisa mengakibatkan metabolism tubuh menurun dan membuat lemak susah keluar.Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan indah anda harus memilki asupan kalori yang cukup . Di bawah ini ada beberapa tips yang harus dilakukan jika anda ingin Nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik.

1. Menentukan Kebutuhan Kalori Harian

Sering kali kita cuek terhadap kebutuhan kalori harian. Namun rupanya kebutuhan kalori harian sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh kita. Dan cara paling praktis mengetahui seberapa banyak kalori yang dibutuhkan dalam sehari adalah dengan menghitung berat badan.

Anda hanya perlu menghitung berat badan dalam satuan pound dan menambahkan angka nol di belakang sendiri. Contoh : jika berat badan anda mencapai 80 kg itu jika dirubah menjadi sat7uan pound berarti 80 kg sama dengan 176 pound. Jadi kebutuhan nutrisi harian yang anda perlukan setara dengan 1.760 kalori/hari.

Setiap aktivitas yang anda lakukan membutuhkan kalori yang berbeda-beda. Jika anda termasuk seorang yang bekerja di bidang yang membutuhkan banyak tenaga maka anda membutuhkan banyak kalori. Dan jika anda ingin meningkatkatkan massa otot anda bisa mnmabha 300-500 kalori.

  • Cek : Kumpulan Health dan Kesehatan Wanita Terbaru dan Terlengkap

Namun untuk anda yang sedang melakukan program diet sebaiknya anda harus mengurangi kalori sebanyaak 300-500 kalori.

Baca Juga :   Langkah Pilih Baju Pria Lengan Pendek untuk Hangout

2. Menyeimbangkan Asupan Makronutrien

Apa itu makronutrien? Makronutrien merupakan makanan yang memiliki banyak kandungan protein, lemak dan karbohidrat. Jenis makanan tersebut sangat cocok untuk anda yang gemar berolahraga. Dan berikut adalah kebutuhan makronutrien untuk anda yang aktif olahraga :

  1. Mereka yang hobi ngegym biasanya mengkonsumsi 2 gram protein/kg berat badan.
  2. Selain ptotein mereka juga mengkonsumsi 8 gram karbohidrat /kg berat badan.
  3. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah anda juga harus mengkonsumsi lemak dengan takaran yang pas. Biasanya para pecinta olahraga khususnya gym mengkonsumsi lemak setelah mengkonsumsi karbohidrat dan protein.

Contoh : Jika anda memiliki berat badan 80kg itu artinya anda membutuhkan 160 gram protein yang setara dengan 640 kalori, 640 gram karbohidrat setara dengan 2.560 kalori. Jika ditotal semuanya jumlah kalori yang anda terima sekitar 3.200 kalori.

3. Makanan yang Dikonsumsi adalah Makanan Utuh

Whole food atau makanan utuh adalah jenis makanan yang tidak melalui proses pengolahan. Biasanya jenis makanan ini diproses seminimalis mungkin. Meski tidak semua orang menyukai makanan ini namun nyatanya makanan utuh ini merupakan cara terbaik untuk diet.

Hal tersebut dikarenakan makanan ini tidak melalui proses pengolahan yang berlebihan sehingga tidak merusak nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut.

Jika ingin membuat makanan utuh ini sendiri pastikan jika bahan-bahan yang anda beli merupakan produk lokal organik dan masih dalam keadaan segar. Jika dibandingkan dengan makanan cepat saji makanan utuh ini jauh lebih baik dan pastinya juga sehat.

Itulah informasi dari NVintan.com mengenai pentingnya Kebutuhan Nutrisi pada tubuh. Terima kasih semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *