Larangan Minum Es pada Ibu Hamil, Fakta atau Mitos Belaka?

Posted on

Ada banyak sekali fakta atau mitos yang berkaitan dengan kehamilan. Anggapan seperti ini memang sudah ada sejak zaman dulu. Sebagai calon ibu yang pintar dalam paham ilmu parenting, maka harus cek kebenaranya. Lantas benarkah larangan minum es pada ibu hamil berbahaya?

Larangan Minum Es pada Ibu Hamil

Larangan Minum Es pada Ibu Hamil

Ternyata boleh-boleh saja bagi ibu hamil untuk mengonsumsi minuman dingin. Terlebih jika cuaca sedang panas tentu semua orang menginginkan minuman yang segar, salah satunya minum es. Selain itu, bumil juga harus tetap terhidrasi karena resiko dehidrasi justru berbahaya bagi janin dalam kandungan.

Air es ternyata bisa membantu ibu hamil agar tetap tercukupi asupan cairannya. Ibu pun tidak perlu takut mengalami dehidrasi pada saat cuaca sedang panas. Lantas bagaimana larangan minum es pada ibu hamil justru berakibat pada berat badan bayi besar? Anggapan ini hanya berkembang sebagai mitos.

Sampai saat ini belum ada studi yang mempelajari hubungan positif antara minum air es dengan berat badan bayi lahir besar. Justru bayi dengan berat besar pada umumnya terjadi karena faktor genetik, kondisi kesehatan maupun hal medis lainnnya. Jadi bukan karena kebiasaan minum es.

Yang Harus Diperhatikan tentang Kebiasaan Minum Es pada Ibu Hamil

Meskipun hadir sebagai larangan minum es pada ibu hamil namun ternyata hal ini hanya sebagai mitos saja. Selama masa kehamilan masih boleh untuk meminumnya asalkan tidak sembarangan. Jangan sesekali meminumnya secara berlebihan karena juga tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga :   Beberapa Ciri Keputihan Tanda Hamil Dan Langkah Menanganinya

1. Anjuran Minum Air Tiap Hari

Larangan Minum Es pada Ibu Hamil

Larangan minum es pada ibu hamil tentunya akan memberatkan bagi bumil yang sering  mengeluh kegerahan di daerah tempat tinggalnya. Ketika cuaca sedang terik, maka bisa membuat tubuh bumil terasa kembali segar dan bahkan terhidrasi setelah meminumnya. Hal ini bukan menjadi suatu masalah.

Apabila ibu hamil justru mengalami dehidrasi, maka bisa membahayakan ibu sendiri dan janin di dalam kandungan. Baik air dingin atau biasa, tidak ada bedanya karena hanya berbeda pada persediaan suhunya. Bagi ibu hamil pun tetap dianjurkan untuk minum air tiap hari sebanyak 8 sampai 12 gelas.

2. Tidak Boleh Sembarangan Minum Es

Larangan Minum Es pada Ibu Hamil

Walaupun larangan minum es pada ibu hamil hanya mitos saja, namun Anda tidak boleh sembarangan untuk mengonsumsinya. Biasanya beberapa orang suka membeli minuman dingin di pinggiran jalan. Pastikan pedagang tersebut menjaga kebersihannnya karena tidak sedikit justru asal-asalan saat menjual.

Pastikan es batu yang mereka gunakan memang higienis dan berasal dari air matang sehingga terbebas dari kuman, kotoran dan zat berbahaya. Semua jenis makanan kurang bersih akan berdampak pada resiko infeksi bagi masalah kesehatan ibu hamil dan berpengaruh ke janin.

3. Tidak Konsumsi Minuman Es Terlalu Banyak

Larangan Minum Es pada Ibu Hamil

Tidak hanya memperhatikan kebersihan minuman es yang Anda minum, penting juga memahami jika konsumsinya tidak boleh terlalu banyak. Khususnya jika selama meminumnya selalu berupa minuman manis, soft drink atau tambahan gula.

Apabila Anda mengonsumsi minuman manis seperti soda tentu akan berbeda lagi dampaknya bagi kesehatan janin. Hal ini menjadi resiko bayi lahir besar karena kandungan di dalamnya bukan lagi pada minuman dinginnya.

4, Rekomendasi Minuman Es untuk Ibu Hamil

Apabila ibu hamil ingin minum es, maka bisa memilih jenis minuman sehat agar tidak berdampak buruk pada kesehatan janin. Pastinya minuman utama yang paling wajib setiap harinya adalah berupa air putih karena sangat penting dalam mencegah dehidrasi. Rekomendasi lainnya dapat dicek pada kategori blog.

  • Air kelapa, minuman isotonik alami untuk mengisi garam alami di dalam tubuh
  • Susu, minuman untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan janin
  • Air lemon, minuman yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan dan vitamin C harian
  • Jus buah, minuman tinggi vitamin dan mineral, akan lebih baik untuk membuatnya sendiri tanpa ada tambahan gula
Baca Juga :   5 Manfaat Vaksin untuk Ibu Hamil Beserta Jenisnya

Itulah tadi berbagai informasi mengenai larangan minum es pada ibu hamil yang bisa Anda pahami. Anggapan ini sepenuhnya adalah mitos sehingga boleh-boleh saja untuk mengonsumsinya asal tidak sembarangan. Cek saja pada situs nvintan jika ingin mengetahui mitos fakta tentang kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *