6 Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Posted on

Perlu Anda pahami bahwa ada beberapa sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Pasalnya kandungan di makanan tersebut justru menyebabkan gangguan pada kehamilan. Padahal jenis sayur tersebut juga cukup mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan jenis sayuran.

6 Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Konsumsi sayuran selama masa kehamilan sebenarnya memiliki manfaat yang baik guna mendukung kesehatan ibu hamil. Selain itu juga bermanfaat bagi perkembangan janin. Hal ini karena ada banyak nutrisi di dalamnya mulai dari mineral, vitamin hingga antioksidan. Namun ada beberapa diantaranya justru dilarang.

1. Tauge Mentah

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Tauge mentah termasuk ke dalam salah satu kecambah yang sering Anda temukan pada berbagai jenis masakan seperti gado-gado dan pecel. Jenis sayuran ini memiliki kandungan protein, serat dan vitamin C cukup tinggi. Namun ternyata, ibu hamil harus tetap berhati-hati saat mengonsumsinya.

Tauge yang masih mentah masih mengandung beberapa bakteri seperti E. coli yang  menyebabkan mual, diare hingga kram perut. Pada ibu hamil sendiri, infeksi Salmonella bahkan bisa meningkatkan resiko keguguran dan lahir prematur. Jadi Anda pun harus menghindari salah satu sayuran tersebut.

2. Pare

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Pada umumnya, pare biasa dijadikan sebagai sayuran tambahan ketika Anda sedang memasuk sup atau siomay. Meski rasanya pahit, namun ada banyak manfaat di dalamnya. Salah satunya adlah mengontrol kadar gula darah. Pada faktanya, pare termasuk sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

Menurut beberapa penelitian, mengungkapkan bahwa konsumsi pare selama masa kehamilan justru meningkatkan resiko kontraksi dini pada rahim. Untuk informasi umum seperti ini, Anda bisa mengecek artikel lainnya pada kategori blog. Sebagai ibu hamil yang cerdas, pastinya harus tahu  banyak ilmunya.

Baca Juga :   5 Manfaat Kesehatan Makan Makanan Pedas

3. Daun Pepaya

Daun pepaya termasuk ke dalam sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Mungkin saja Anda sering mengolahnya menjadi tumis sehingga terasa lebih renyah dan tidak terlalu pahit. Namun selama hamill, lebih baik untuk menghindarinya. Hal ini karena daun tersebut berbahaya bagi bumil.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun pepayara mengandung zat aktif yang  bersifat racun untuk rahim. Meski pengujian ini dilakukan pada hewan, namun sebaiknya Anda menghindarinya. Tidak hanya sayuran saja, namun ada beberapa buah yang dilarang juga dalam ilmu parenting.

4. Pepaya Muda

Bukan hanya daun pepaya saja yang berbahaya, namun selama masa kehamilan, Anda juga harus menghindari pepaya muda. Biasanya orang-orang akan mengolahnya bersama kuah santan khususnya di hari-hari besar seperti Lebaran Idul Fitri. Namun ternyata dilarang untuk ibu hamil.

Pepaya mentah ini mengandung papain yang berbahaya. Selain itu juga berpotensi dalam memicu kontraksi uterus sehingga menyebabkan persalinan dini. Bukan hanya itu saja, kandungan papain pun mungkin akan disalahartikan bagi tubuh sebagai senyawa prostaglandin untuk menginduksi persalinan.

5. Petai

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Jenis sayuran yang dilarang untuk ibu hamil berikutnya adalah petai. Berdasarkan Web MD, mengonsymsi pare ternyata bisa menyebabkan efek samping seperti sakit perut, sakit kepala hingga diare. Sementara bagi ibu hamil atau menyusui akan sangat berbahaya karena berpengaruh ke kadar gula darah.

Konsumsi pare dapat menyebabkan gula darah menjadi sangat rendah. Oleh karena itu, tidak aman bagi ibu menyusui, hamil maupun anak-anak. Jadi alangkah lebih baik memilih sayuran lain selama masa kehamilan demi keamanan janin dan bumil.

6. Jengkol

Hampir sama seperti petai, sayuran jengkol ini juga menjadi salah satu jenis sayuran yang akan menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu termasuk ke dalam kelompok sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Hal ini karena di dalamnya terkandung senyawa asam jengkolat.

Baca Juga :   Kursus Bahasa Inggris Terbaik Tanpa Batas Secara Online

Zat ini tergolong berbahaya karena bisa menyebabkan keracunan jika terjadi penumpukan di dalam ginjal tersebut. Ketika sudah menumpuk, zat ini dapat membentuk kristal tajam di dalam darah hingga merobek dinding saluran kemih.

Bagi perempuan dalam masa kehamilan, memang ada pantangan yang harus diikuti termasuk jenis makanan. Begitupun beberapa daftar sayuran yang dilarang untuk ibu hamil pada ulasan di atas. Anda pun bisa mengunjungi situs nvintan agar bisa mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *