5+ Olahraga Ibu Hamil Trimester Kedua, Wajib Lakukan dengan Rutin!

Posted on

Biasanya seluruh wanita hamil disarankan untuk melakukan senam atau gerakan ringan demi menjalankan olahraga ibu hamil trimester kedua. Kira-kira bagaimana bentuk gerakannya? Apakah tetap aman atau justru berbahaya bagi janin? Anda pun wajib mengetahui jenis dan manfaatnya.

Jenis-Jenis Olahraga Ibu Hamil Trimester Kedua

Salah satu jenis olahraga ibu hamil trimester kedua yang paling sering dilakukan adalah senam hamil. Fungsinya adalah menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan. Menurut sebuah jurnal, aktivitas fisik seperti ini mampu meningkatkan kebugaran dan  mencegah penambahan berat badan berlebih.

1. Olahraga Squat

Olahraga Ibu Hamil

Gerakan olahraga ibu hamil trimesterkedua yang bisa Anda lakukan pada urutan pertama adalah squat. Coba berdiri dengan kaki selebar bahu saja. Selanjutnya rentangkan tangan menuju ke depan sampai setinggi baju. Lakukan posisi jongkok dan jagalah keseimbangan badan agar otot perut tertarik.

Anda juga harus menguatkan posisi kaki dengan kuat di alas atau lantai. Kemudian turunkan saja bagian bawah tubuh dan angkat lagi pada titik awalnya. Hembuskan nafas ketika menurunkan tubuh. Tarik nafas ketika sedang mengangkat tubuh lagi.

2. Forward Lunges

Olahraga Ibu Hamil

Gerakan olahraga ibu hamil trimester kedua berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah forward lunges. Bumil bisa berdiri dengan tangan berada di pinggul. Langkahkan kaki kanan menuju ke depan. Selanjutnya tekuk lutut kiri ke lantai hingga lutut kanan hampir membentuk sudut sebesar 90 derajat.

Anda bisa melakukannya secara bergantian. Ulangi terus sampai mencapai hitungan tiga puluh kali. Usahakan agar perut dan kepala tetap tegak, bahu rileks dan punggung lurus. Informasi gerakan kehamilan seperti ini sebenarnya sudah termasuk dalam ilmu parenting khususnya pra pernikahan.

Baca Juga :   9 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Diketahui, Tak Perlu Cemas!

3. Upright Row

Gerakan ketiga pada olahraga ibu hamil trimester kedua yang bisa Anda lakukan cukup di rumah adalah melakukan upright row. Siapkan dulu kursi tegak sebagai alat bantunya. Selanjutnya duduk di kursi tersebut dan berdiri pada posisi kaki sedikit ditekuk selebar pinggul saja.

Pegang beban dengan menggunakan tangan pada posisi depan tubuh. Anda bisa menghembuskan nfas secara perlahan. Selanjutnya angkat beban setinggi dada dan berhenti jika sudah berada di dagu. Tarik nafas lagi dan turunkan bobot barang ke titik awal. Ulangi hingga masuk ke 20 kali perhitungan.

4. Shoulder Press

Olahraga ibu hamil trimester kedua kali ini  dapat Anda lakukan dengan posisi duduk maupun berdiri. Jadi sesuaikan saja dengan kenyamanan selama melakukan gerakan satu ini. Sambil memegang beban pada masing-masing tangan, coba untuk menekuk sedikti lengan sampai sejajar dengan siku.

Selanjutnya, sambil menghembuskan nafas keluar perlahan, coba angkat lengan ke langit-langit hingga lengan lurus. Anda bisa mengulanginya hingga 30 kali. Untuk informasi menarik lainnya tentang kehamilan, coba ikuti artikel lain pada kategori blog di situs ini.

5. Forward Pull Ups

Masih dengan menggunakan alat beban, Anda bisa melakukan gerakan forward pull ups. Untuk bisa mengikutinya, ibu harus berdiri pada posisi kaki kiri di depan. Selanjutnya tekuk kedua lutut sedikit saja. Secara perlahan, coba turunkan tubuh atas ke lutut kiri.

Kemudian letakkan tangan kiri di atas lutut untuk bisa menopang badan. Mulailah gerakan dengan posisi lengan kanan lurus di bawah. Angkat lengan ke atas. Namun jaga posisi siku Anda sehingga tetap dekat dengan tubuh dan mengarah ke langit-langit.

6. Tricep Dips

Olahraga Ibu Hamil

Sesuai dengan namanya, Anda akan menggerakkan otot trisep. Untuk melakukan olahraga ibu hamil trimester kedua satu ini, maka bumil bisa menggunakan bantuan kursi, meja atau tangga di belakang sebagai pegangannya.

Baca Juga :   5+ Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Wajib Anda Hindari!

Caranya yakni dengan duduk punggung lurus dan tempatkan kedua lengan Anda ke belakang pegangan untuk memegangi tangga, kursi atau meja. Kemudian topang berat badan di kedua tangan dan meluruskan kedua kaki. Angkat badan dan topang pakai dua tangan secara perlahan selama 10 – 15 menit.

Ada banyak jenis olahraga ibu hamil trimester kedua yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain gerakan di atas, masih ada band pulls, inclined push ups, pelvic tilt dan lainnya. Untuk informasi serupa, coba saja kunjungi situs nvintan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *