6 Obat Batuk untuk Ibu Hamil Aman di Apotik

Posted on

Batuk adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja termasuk juga perempuan sedang hamil. Namun memilih obat batuk untuk ibu hamil tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan. Pasalnya apapun kandungan di dalamnya akan berdampak ke kesehatan janin di dalam rahim.

6 Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Tidak heran apabila cukup banyak ibu hamil yang mungkin bingung untuk menentukan obat saat sedang mengidap penyakit tertentu. Obat secara pasaran tidak dapat Anda konsumsi sembarangan karena bisa membahayakan bagi janin atau bahkan mengakibatkan kecacatan.

1. Siladex

Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Obat batuk untuk ibu hamil yang pertama adalah Siladex. Produk ini sebenarnya hadir dengan beberapa varian obat guna membantu mengatasi gejala batuk baik kering maupun berdahak. Apabila mengalami gejala flu, maka bisa memilih Siladex Cough dan Cold sebagai pilihan paling tepat.

Obat Silades ini mengandung dextromethorphan untuk meredakan batuk, presudeofedrin sebagai pereda gejala flu dan doxylamine yakni berperan menjadi anti alergi. Kandungan obat batuk untuk ibu hamil ini relatif aman digunakan selama masa kehamilan dengan kisaran harga Rp 10 ribuan per botol.

2. OBH Ika Generik

OBH Ika Generik adalah pilihan obat batuk untuk ibu hamil. Khususnya jika Anda mengaalmi gejala seperti pilek dan batuk berdahak. Komposisi di dalamnya terbukti aman bagi kesehatan janin sehingga tidak akan membahayakan bagi siapa saja yang hendak mengonsumsinya termasuk juga bumil.

Kandungan aktif di dalam obat OBH Ika Generik ini adalah Succus liquiritiae sebagai bahan utama dari OBH. Selain itu juga mengandung ammonium chloride yang berfungsi sebagai pengencer dahak dan juga larutan SASA. Anda bisa membelinya dengan kisaran harga Rp 15 ribu hingga 25 ribu.

Baca Juga :   7 Langkah Menangani dan Menahan Keputihan Saat Hamil Muda

3. Bisolvon

Merk obat batuk untuk ibu hamil kali ini mempunyai dua jenis. Pertama adalah Bisolvon Tablet dan Bisolvon Sirup. Keduanya sama-sama memiliki kandungan serupa yakni guaifenesin dan bromhexine HCl. Zat tersebut berperan menjadi ekspektoran untuk menurunkan viskositas dari dahak.

Tujuannya adalah agar dahak bisa keluar dengan lebih mudah dan tidak membuat tenggorokan Anda terasa gatal. Obat batuk ini juga tersedia cukup murah di apotik atau supermarket. Ibu hamil bisa membelinya dengan kisaran harga Rp 14 ribu untuk tablet dan Rp 55 ribu pada obat sirup.

4. Woods Antitussive Sirup untuk Batuk Kering

Woods Antitussive Sirup merupakan obat batuk untuk ibu hamil berikutnya. Anda pun mungkin saja mengalami batuk kering. Obat ini mempunyai kandungan utama yakni diphenhydramine HCl dan juga dextromethorphan. Apabila memerlukan artikel kehamilan lainnya, bisa mengecek pada kategori blog.

Kandungan dextromethorphan adalah kandungan yang sering Anda jumpai di dalam obat batuk. Fungsinya adalah meredakan gejala batuk kering. Sementara itu, diphenhydramine adalah kandungan antialergi. Perannya yakni mampu mengurangi terjadinya peradangan maupun alergi pada saluran pernafasan.

5. Guaifenesin Tablet

Mungkin saja Anda masih belum begitu familiar dengan nama obat satu ini. Guaifenesin Tablet memiliki kandungan tunggal berupa guaifenesin. Sebagai obat generik dan menjadi salah satu obat batuk untuk ibu hamil. Pemakaiannya hanya secara khusus bagi obat berdahak.

Obat ini akan bekerja dengan mengencerkan dahak. Hasilnya adalah dahak dapat keluar dengan lebih mudah ketika Anda sering merasakan tenggorokan gatal. Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dimana harga di pasaran sekitar Rp 1.700 per stripnya. Untuk lebih jelasnya, mari pahami ilmu parenting lebih jauh.

Baca Juga :   Cara Agar Cepat Hamil? Ikuti 6 Tips Berikut!

6. Paracetamol

Setiap ibu di dalam rumah mungkin sudah menyimpan paracetamol di kotak obat mereka. Anda pun bisa menjadikannya sebagai salah satu obat batuk untuk ibu hamil yang aman. Khususnya jika gejalanya sudah bertambah seperti sakit kepala dan tubuh terasa demam dalam waktu lama.

Konsumsi paracetamol harus sesuai dengan anjurannya yakni paling aman dua kali sehari untuk sakit tenggorokan karena batuk dan pilek. Namun tetap saja, Anda harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Pemakaian obat ini terbukti aman bagi bayi baru lahir pada tiga penelitian American Family Physician.

Memilih obat untuk siapapun memang tidak boleh sembarangan. Khususnya ketika Anda hendak membeli obat batuk untuk ibu hamil. Pasalnya jika secara asal mengonsumsinya, akan berdampak bahaya bagi kesehatan janin. Anda bisa mengakses informasi menarik lainnya pada situs nvintan kali ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *