6 Tanda Orang Hamil, Penting Anda Tahu Selain Telat Haid

Posted on

Selain terlambat haid, ada tanda-tanda orang hamil lainnya yang masih jarang diketahui oleh calon ibu. Padahal hal ini penting di dalam ilmu parenting untuk pasangan suami istri ketika merencanakan program kehamilan. Mengingat bahwa cirinya juga hampir sama seperti tanda hendak menstruasi.

Tanda-Tanda Orang Hamil yang Sering Tidak Disadari

Ada beberapa tanda-tanda orang hamil yang mungkin masih dianggap tidak umum bagi sebagian besar orang. Pasalnya banyak perempuan masih menebak-nebak antara ciri-ciri menstruasi dan halangan. Mulai dari rasa nyeri pada perut, timbul flek darah hingga payudara terasa membengkak.

1. Morning Sickness

Tanda Orang Hamil

Morning sickness merupakan tanda-tanda orang hamil paling sering dijumpai. Perasaan mual dan muntah ini akan muncul di pagi hari saja. Selain terlambat haid, gejala ini paling sering dialami oleh wanita hamil muda. Meskipun dinamakan morning, namun beberapa perempuan mengalaminya di sore dan malam.

Penyebab dari gejala ini terjadi karena perubahan hormon pada darah sehingga mengakibatkan rasa sakit di lapisan perut hingga menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan. Nanti pun akan menghilang sendiri seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

2. Buang Air Kecil Lebih Sering

Ketika hamil, akan terjadi perubahan hormon yang ada pada darah. Hal ini membuat sirkulasi darah pun ikut meningkat. Sampai akhirnya menyebabkan ginjal bekerja lebih ekstra dan terjadilah peningkatan pada produksi air seni. Tidak heran jika ibu hamil lebih sering buang air kecil.

Baca Juga :   7 Tips Supaya Program Hamil Sukses yang Bisa Kamu Lakukan

Kandungan yang semakin besar juga membuat ukuran janinnya pun membesar. Akhirnya membuat organ di dalam tubuh ibu ikut tertekan termasuk juga kandung kemih. Akibatnya, kapasitas kandung kemih jadi lebih sempit dan mudah penuh. Membuat bumil lebih sering ingin buang air kecil.

3. Gampang Lelah

Tanda Orang Hamil

Tanda-tanda orang hamil selanjutnya bisa Anda lihat dari badan yang mudah lelah. Hal ini karena hormon progesteron meningkat di dalam tubuh. Hormon tersebut berperan sebagai depresan alami di dalam sistem saraf pusat sehingga menyebabkan ibu hamil sering mengantuk.

Pada usia kehamilan trimester pertama, tubuh pun akan bekerja lebih ekstra untuk memompa hormon sekaligus memproduksi darah lebih banyak guna kebutuhan nutrisi janin terpenuhi. Bahkan rasa cemas dan khawatir ikut berperan dalam menyerap energi ibu hamil.

4. Puting dan Payudara Terlihat Berubah

Tanda Orang Hamil

Sebenarnya perubahan pada payudara termasuk dalam tanda-tanda orang hamil yang tidak pasti. Munculnya ciri-ciri ini karena hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan. Saat hamil, payudara akan terasa nyeri, sensitif bahkan kurang nyaman.

Selain itu, puting juga berwarna lebih merah hingga menonjol. Bagian aerola pun berubah jadi menghitam. Ibu hamil akan melihat adanya garis urat di area sekitar payudara. Perubahan seperti ini menandakan bahwa tubuh sedang mempersiapkan produksi air susu.

5. Suhu Tubuh yang Tidak Normal

Tanda Orang Hamil

Saat masa kehamilan, tubuh bumil akan terasa lebih hangat daripada biasanya. Hal ini karena terjadi perubahan hormon sehingga aliran darah pun ikut meningkat pada area kulit. Jantung pun ikut bekerja lebih keras guna memenuhi kebutuhan darah ke janin.

Dengan jantung yang bekerja lebih ekstra sehingga membuat suhu tubuh pada ibu hamil ikut meningkat. Tidak heran apabila beberapa bumil  merasakan badannya lebih hangat daripada sebelumnya. Untuk informasi bermanfaat lainnya, Anda pun bisa membaca artikel lain di kategori blog.

Baca Juga :   Keuntungan Beli Kendaraan Mobil Dengan Kredit, Apa Saja?

6. Nafsu Makan Hilang

Ibu hamil akan merasa lebih sensitif terhadap bau-bauan termasuk pada makanan. Kondisi ini akhirnya membuat mereka menjadi hilang nafsu makan. Selain itu, gejala mual dan muntah tentunya menyebabkan bumil kehilangan selera untuk memilih makanan dan minuman.

Sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa selama masa kehamilan, terjadi peningkatan hormon leptin yang menyebabkan nafsu makan menurun. Bahkan perempuan hamil akan merasa lebih banyak mual daripada makan.

Ada banyak artikel menarik tentang kehamilan lainnya yang bisa Anda akses pada nvintan selain tanda-tanda orang hamil di atas. Sebagai ibu hamil, tentunya harus menambah banyak pengetahuan demi menjaga kesehatan bumil dan juga janin. Jangan lupa agar selalu perhatikan pola makan dan istirahat cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *