Yakult untuk Ibu Hamil, Aman atau Berbahaya?

Posted on

Yakult adalah salah satu minuman berjenis probiotik dan sudah terkenal dengan banyak peminatnya sampai saat ini. Namun kali ini yang menjadi pertanyaannya adalah apakah yakult untuk ibu hamil tetap aman atau justru berbahaya? Sebagai calon ibu, tentu penting memahami pengetahuan seperti ini.

Apakah Yakult untuk Ibu Hamil Aman Dikonsumsi?

Yakult untuk Ibu Hamil

Kabar baiknya adalah yakult untuk ibu hamil adalah aman jika Anda ingin mengonsumsinya. Hal ini sesuai dengan hasil studi American Pregnancy Association bahwa selama masa kehamilan tidak akan beresiko jika konsumsi minuman probiotik mulai dari Saccharomyces, Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa probiotik adalah bakteri baik. Fungsinya yakni membantu dalam mendukung kesehatan pencernaan. Selain itu juga berperan dalam menggeser keseimbangan bagi bakteri baik pada usus. Sementara prebiotik merupakan makanan yang akan memberi makan bagi bakteri baik.

Keduanya masih aman untuk kehamilan hingga saat ini. Hal ini pun berhubungan dengan tidak ada kaitan antara pemakaian probiotik dengan kelainan selama hamil. Jadi tidak akan ada resiko berbahaya bagi ibu hamil jika ingin minum yakult. Jadi Anda pun boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan.

Apa Saja Manfaat Yakult untuk Ibu Hamil?

Meskipun diperbolehkan, namun Anda pun tidak hanya sekedar asal mengonsumsinya. Penting bagi seluruh ibu hamil memahami apa saja manfaat dari asupan mereka. Begitupun minuman probiotik seperti yakult untuk ibu hamil. Tidak hanya bermanfaat bagi pencernaan saja, namun juga hal lainnya.

Baca Juga :   Dikatakan Strategis Dan Ekonomis, Inilah Sederet Fasilitas Yang Ditawarkan Oleh Perumahan Citra BMW

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Yakult untuk Ibu Hamil

Probiotik baik berupa makanan maupun minuman sama-sama berperan untuk membantu sistem pencernaan ibu hamil sehingga akan bekerja lebih efisien. Probiotik pun diasumsikan mampu mengurangi keberadaan dari bakteri jahat. Tujuannya adalah membantu usus memindahkan makanan sedang dicerna.

Bakteri jahat yang berkurang akan menurunkan resiko ibu hamil mengalami komplikasi kesehatan. Menjaga kesehatan usus maupun pencernaan keseluruhan selaam hamil pun memang tidak terbatas dari minum probiotik saja. Selain yakult untuk ibu hamil, masih ada produk lainnya dapat Anda konsumsi.

2. Mencegah Alergi pada Anak

Manfaat yakult untuk ibu hamil tidak hanya bermanfaat bagi ibu saja namun anak-anak juga ikut merasakannya. Perempuan yang mengonsumsi minuman probiotik selama masa kehamilan cenderung tidak mempunyai anak dengan resiko alergi. Hal ini pun juga didukung dengan Journal of Allergy and Clinical Immunology.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman probiotik ketika hamil akan mengurangi resiko anak terkena eksim setelahnya. Hati-hati, eksim yang terjadi pada anak bisa saja muncul karena berbagai faktor. Ada baiknya untuk memahami ilmu parenting yakni lebih baik mencegahnya.

3. Menurunkan Resiko Terjadinya Infeksi Vagina

Manfaat lain dari yakult untuk ibu hamil adalah mampu menurunkan resiko terjadinya infeksi pada vagina. Hal ini karena probiotik memiliki peran dalam mengurangi kemungkinan infeksi karena mampu meningkatkan jumlah bakteri baik pada organ tersebut. Akhirnya, mencegah organisme penyebab gangguan tersebut.

Infeksi vagina memang bisa saja terjadi selama masa kehamilan. Oleh karena itu, pencegahan ini pun tentunya akan jauh lebih baik daripada harus mengobatinya dengan rutin konsumsi minuman probiotik. Adapun infeksi vagina saat hamil tetap ada kemungkinannya baik dari yang paling umum sampai jarang.

Baca Juga :   6+ Vitamin untuk Ibu Hamil Terbaik Penuhi Kebutuhan Bayi

4. Menurunkan Kemungkinan Terjadinya Preeklamsia

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa pre eklamsia merupakan kondisi komplikasi kehamilan yang akan berakibat fatal. Penyebab awalnya adalah tekanan darah tinggi selama hamil. Selain itu, komplikasi ini bisa terjadi selama 2 sampai 8 persen bagi ibu hamil. Namun Anda bisa mencoba berbagai cara pencegahan sebelumnya.

Salah satunya adalah dengan konsumsi minuman probiotik. Berdasar studi British Medical Journal di tahun 2018, mengonsumsi probiotik khususnya di trimester tiga akan menurunkan kemungkinan pre eklamsia. Untuk info menarik lainnya, Anda bisa mencoba mengakses ke kategori blog.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai amankan yakult untuk ibu hamil? Jawabannya pun aman asal tidak berlebihan. Apabila Anda ingin mendapat informasi lainnya tentang kehamilan dan seputar kewanitaan, maka bisa mengakses situs nvintan karena ada banyak artikel menarik mengenai dunia wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *