Sakit Pinggang pada Ibu Hamil Trimester Tiga, Berikut 5 Cara Mengatasinya

Posted on

Dalam ilmu parenting, akan dikenal berbagai gejala yang mungkin Anda rasakan selama menjalani masa kehamilan. Salah satunya yakni sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga. Kondisi ini wajar saja terjadi namun tetap saja sebagai bumil pun perlu tahu bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Keluhan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil Trimester Tiga

Gejala sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga memang wajar saja terjadi. Namun sebenarnya kebanyakan perempuan akan mengalaminya di awal kehamilan. Pastinya kondisi seperti ini tidak nyaman jika harus merasakannya dalam waktu lama. Berikut ini ada beberapa cara mengatasinya:

1. Praktik Latihan Khusus

Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Melakukan gerakan khusus secara ringan tentu bermanfaat bagi semua orang tidak terkecuali untuk ibu hamil. Manfaatnya sendiri adalah untuk memperkuat sekaligus melatih fleksibilitas otot. Apabila ibu hamil bisa melakukannya dengan rutin, maka kebiasaan ini bisa membantu tekanan di tulang belakang.

Ibu hamil pun bisa menentukan jenis latihan khusus yang aman untuk Anda lakukan. Beberapa contoh gerakannya seperti berenang, berjalan kaki, bersepeda dan senam khusus. Namun tetap saja harus dipandu oleh pelatih. Tidak lupa juga untuk berkonsultasi terlebih dahulu bersama dokter kandungan.

2. Kompres Dingin dan Panas pada Bagian Pinggang

Tidak hanya melenturkan otot saja, Anda pun bisa melakukan kompres dingin ataupun panas di bagian pinggang. Teknik seperti ini pada umumnya mampu meredakan gejala sakit pinggang yang sudah berangsur-angsur lama terjadi. Namun sebelumnya, Anda bsa berdiskusi tentang khasiat dan efeknya.

Baca Juga :   9 Ciri-ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Diketahui, Tak Perlu Cemas!

Efeknya mungkin akan berbeda-beda pada setiap perempuan. Apabila Anda sudah setuju, maka bisa memakai kompres dingin menggunakan kantong es maupun minuman dingin. Tempelkan selama 20 menit. Teknik ini bisa dilakukan selama dua hingga tiga hari. Selanjutnya, coba saja untuk pakai kompres panas.

3. Memperhatikan Postur Tubuh Selama Beraktivitas

Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Pinggang dan punggung menjadi salah satu bagian tubuh yang ikut terdampak karena kebiasaan sehari-hari. Untuk itu, Anda pun bisa meningkatkan kualitas postur tubuh guna mengatasi keluhan sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga. Mulai perhatikan bagaimana cara duduk dan tidur.

Tujuannya agar ketegangan pada tulang belakang bisa menurun. Misalnya saja jika Anda terbiasa bekerja di kantoran dengan posisi duduk selama berjam-jam. Tentunya kebiasaan seperti ini juga ikut berdampak pada sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga sehingga harus diperbaiki.

4. Mempraktikkan Olahraga Yoga Prenatal

Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Yoga menjadi salah satu gerakan olahraga yang fokus untuk melatih fleksibilitas dan kekuatan. Latihan seperti ini banyak dilakukan bagi orang secara umum namun juga populer bagi bumil. Pasalnya dengan gerakan tersebut mampu meredakan sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga.

Yoga prenatal pun bisa disebut sebagai pilihan utama bagi bumil yang mengalami masalah punggung, sendi, otot hingga saraf. Hal ini biasanya terjadi karena berat badan yang berubah drastis akibat mengandung.

5. Menggunakan Alas Kaki yang Nyaman

Mungkin Anda berpikiran bahwa sandal yang selama ini digunakan tidak akan berdampak pada gangguan kesehatan. Padahal beberapa perempuan dengan kebiasaan pemakaian sepatu berhak tinggi menjadi pemicu dari sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga.

Sepatu dengan hak tinggi bisa meningkatkan postur tubuh melengkung di bagian punggung. Selama hamil, disarankan untuk menggunakan sepatu hak rendah atau flatshoes agar meringankan tekanan di punggung. Ada berbagai tips lainnya mengenai kehamilan dapat Anda cek pada kategori blog.

Baca Juga :   5+ Bahaya Soda untuk Ibu Hamil, Berikut Dampak Buruknya!

6. Berkonsultasi pada Tenaga Terapis

Opsi terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga adalah dengan berkonsultasi kepada tenaga terapis. Pada umumnya, mereka akan mengajarkan tentang bagaimana cara memperbaiki postur tubuh mulai dari duduk, berdiri, berjalan hingga berbaring.

Anda pun juga bisa berkonsultasi tentang masalah fisik lainnya yang sedang dikeluhkan selama masa kehamilan. Sebagai catatan, pastikan bahwa tenaga terapis juga sudah berpengalaman dalam menangani klien dari kalangan ibu hamil.

Selama kehamilan memang diketahui akan ada banyak gejala yang bisa Anda rasakan. Salah satunya seperti sakit pinggang pada ibu hamil trimester tiga. Apa saja penyebabnya dapat dicek melalui situs lengkap di nvintan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *