5+ Tanda Hamil Dilihat dari Wajah, Apa Saja Ciri-Cirinya?

Posted on

Pada umumnya, orang hamil hanya dapat diketahui dengan berhentinya menstruasi sebagai tanda paling umum. Namun ternyata ada beberapa tanda hamil dilihat dari wajah yang bisa Anda ketahui. Mungkin saja muncul masalah kulit wajah seperti jerawat, flek hitam dan kerutan akibat perubahan hormon.

Tanda Hamil Dilihat dari Wajah

Sebuah studi yang membahas tentang tanda hamil dilihat dari wajah terbagi menjadi dua kelompok. Mulai dari mengalami beberapa masalah kulit baru atau justru terlihat lebih cerah. Apabila Anda mengalaminya, maka bisa melihat informasi selengkapnya di ulasan berikut atau kategori blog.

1. Flek Hitam yang Mulai Muncul

Tanda Hamil Dilihat dari Wajah

Flek hitam memiliki nama lain berupa melasma. Masalah kulit ini memang paling sering terjadi bagi orang hamil. Anda akan mengalami bercak gelap di beberapa bagian. Ibu hamil pun seringkali menyebutnya dengan sebutan bopeng kehamilan karena akan hilang dengan sendirinya saat sudah melahirkan.

Melasme pada umumnya terjadi di bagian pipi, dahi, dagu, leher dan hidung. Perlu Anda ketahui juga bahwa melasma ini tidak berbahaya untuk kesehatan kulit karena nantinya akan hilang secara alami. Namun apabila Anda terganggu, maka bisa memeriksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan.

2. Jerawat yang Muncul

Munculnya jerawat yang lebih sering juga bisa menjadi salah satu tanda hamil dilihat dari wajah. Pada umumnya, gangguan kulit ini muncul di awal kehamilan seperti trimester pertama dan dua. Masalah seperti ini terjadi akibat hormon androgen sedang meningkat sehingga mengakibatkan kelenjar kulit tumbuh.

Baca Juga :   Suplemen yang Bagus untuk Ibu Hamil, 5 Rekomendasi untuk Janin Sehat!

Akhirnya menghasilkan zat berminyak atau sebum yang lebih banyak. Sebum ini bisa menyumbat bagian pori-pori sehingga meningkatkan resiko terkena jerawat. Anda pun tidak perlu khawatir karena hal ini wajar terjadi pada ibu hamil. Sama seperti flek hitam, nantinya akan hilang dengan sendirinya sesuai melahirkan.

3. Wajah Lebih Berminyak

Tanda Hamil Dilihat dari Wajah

Ketika sedang hamil, tubuh akan menghasilkan darah yang lebih banyak yakni sebesar 50%. Kondisi ini akhirnya menyebabkan aliran darah lebih meningkat ke tubuh sehingga mengakibatkan wajah akan jauh lebih cerah. Selain itu, tubuh akan mengalami peningkatan produksi hormon sehingga kelenjar minyak berlebih.

Kondisi seperti ini biasa dikenal dengan istilah pregnancy glow. Peningkatan jumlah minyak pada wajah pun bisa membuat kulit akan terasa terlalu berminyak. Tidak jarang menjadi salah satu penyebab dari munculnya jerawat. Anda bisa menyesuaikan produk skincare untuk mengurangi produksi minyak.

4. Pembuluh Darah Kemerahan Terlihat Lebih Jelas pada Bagian Pipi

Pembuluh darah pada wajah dengan warna merah ini disebut dengan istilah spider venis. Kondisi ini terjadi pada saat vena berwarna kemerahan bercabang ke luar. Penyebabnya adalah sirkulasi darah meningkat yang pada umumnya dialami di bagian pipi, leher dan dada.

Spider venis pun tidak menghasilkan rasa sakit dan akan hilang sendirinya ketika ibu hamil sudah melahirkan. Jadi ketika Anda mengalami tanda hamil dilihat dari wajah satu ini, maka tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. Untuk mengatasinya, maka bisa meningkatkan konsumsi vitamin C.

5. Bengkak Wajah

Bahkan tanda hamil dilihat dari wajah juga bisa terjadi dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh termasuk wajah. Kondisi ini disebabkan karena tubuh sedang memproduksi sebanyak 50 persen darah lebih banyak hingga cairan tubuh lainnya guna memenuhi kebutuhan asupan bayi.

Baca Juga :   Bahaya Diabetes pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadai

Kondisi tersebut biasa disebut dengan istilah edema yang biasanya terjadi di bagian wajah, kaki dan tangan. Edema pun dapat Anda hindari dengan mengaplikasikan kompres dingin di area bengkak. Jangan lupa minum air putih secukupnya agar tidak mengalami retensi air.

6. Tanda Lahir atau Tahi Lalat Wajah Lebih Gelap

Tanda Hamil Dilihat dari Wajah

Tanda hamil dilihat dari wajah yang terakhir adalah bisa Anda lihat dari perubahan warna tanda lahir pada bagian wajah. Pada umumnya, warnanya jauh lebih gelap dari biasanya. Bahkan ibu hamil sendiri pun akan menyadarinya.

Peningkatan hormon yang terjadi bagi ibu hamil akan membuat pigmentasi kulit terjadi. Kondisi ini mengakibatkan warna lebih gelap pada area tahi lalat khususnya di wajah. Anda pun bisa mempelajari tanda-tanda secara umum seperti ini melalui ilmu parenting agar tidak panik saat menjumpai banyak perubahan.

Ada beberapa tanda hamil dilihat dari wajah yang bisa Anda kenali dengan sendirinya. Mungkin saja bagi kebanyakan perempuan kurang mengenalinya. Untuk tahu ciri-ciri kehamilan lainnya, maka bisa mengecek pada situs nvintan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *